Magister PBA IAIN Tulungagung Menggelar Seminar Internasional Bertajuk Bahasa Arab untuk Pengembangan Studi Islam

Jumat, 3 Mei 2019 Pascasarjana IAIN Tulungagung Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab menggelar acara Arabic International Seminar bertempat di aula Lantai 5 gedung Pascasarjana mendatangkan langsung Native Speaker  dari negara Al-Jazair Prof. Dr. Abdul Aziz abbaci. Acara di ikuti oleh mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Arab,dimulai pikul 07.30 hingga selesai.

Abdel Aziz yang membawakan tema “Maziyyah al-Lughah al-Arabiyyah min Nahiyati Lughah al-`Alam” mengatakan disadari ataupun tidak antara Arab dan Non-Arab sebenarnya ada keterkaitan dalam kepentingan di segala lini kehidupan. “Bahasa Arab menjadi salah satu unsur penting untuk dikembangkan sebagai sebuah ilmu pengetahuan dalam rangka mendukung proses dialog,” ujar Abdel Aziz.

Narasumber lain Kojin Dosen Bahasa Arab Senior IAIN Tulungagung mengungkap Bahasa Arab memiliki banyak keunggulan. Dari huruf perhuruf, kata perkata, hingga uslub dan kandungan maknanya memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Otentisitas Bahasa Arab juga menjadi keistimewaan tersendiri, karena dari sejak zaman Nabi hingga sekarang tidak banyak berubah, sehingga Bahasa Arab memiliki fungsi penting dalam menjaga kemurnian ajaran Islam.

Sementara itu Abad Badruzzaman Dosen Pascasarjana yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang didaulat menyampaikan materi “Tanmiyyatu al-Lughah al-`Arabiyyah fi al-Jami`ah ad-Da`wah wal Hadharah”. Bahasa Arab harus dikuasai oleh mahasiswa PTKIN untuk menggali berbagai ilmu pengetahuan baik dari wacana yang modern hingga teks-teks klasik. Penajaman kemampuan mahasiswa PTKI terhadap Bahasa Arab perlu dilakukan mahasiswa agar mudah mengakses literatur-literatur induk yang berbahasa Arab.

Pemateri terakhir adalah Basmah Salaeh dari Thailand dengan tema: “Istirojiyyatu Ta`limu al-Lughah al-`Arabiyah Li Tarqiyah al-Maharah al-Kalam”. Salaeh memandang perlunya pembiasaan berbicara dengan menggunakan Bahasa Arab antara lain dengan memperkaya mufrodat kapan dan di mana saja. Hal tersebut penting untuk dilakukan karena dalam bahasa apapun, pembiasaan dan intensitas selalu mendukung kemampuan untuk bertutur baik secara lisan maupun tulis

Seminar Internasional Bahasa Arab dibuka oleh Direktur Pascasarjana Akhyak dan sebanyak kurang lebih 340 peserta yang hadir, dalam sambutannya Akhyak mengatakan Bahasa Arab adalah salah satu bahasa terpenting dalam dunia pendidikan islam,termasuk di kalangan Perguruan Tinggi Keagamaan islam (PTKIN). Akhyak berharap seminar internasional ini mampu mengangkat hazanah bahasa arab. Pascasarjana IAIN Tulungagung berkepentingan untuk mengembangkan hal ihwal tentang Pendidikan Bahasa Arab.