Workshop Peninjauan Kurikulum Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2021

Sebanyak 60 Pengelola Pascasarjana dan Unit terkait di dalam Kampus UIN SATU Tulungagung mengikuti “Workshop Peninjauan Kurikulum Pascasarjana 2021”. Acara pembukaan di laksanakan pukul 14.00 WIB 31 Oktober 2021 di Frontone Hotel lantai 5

Dalam sambutan laporan kegiatan Direktur pascasarjana, Prof. Akhyak menyampaikan “…Gagasan peninjauan Kurikulum ini sudah menjadi usaha pasca untuk mewujudkan prodi-prodi pascasarjana yang unggul. iya dalam akreditasi, iya dalam kompetensi, maka memang butuh kita review Kembali kurikulum yang ada di pascasarjana…”.

Wakil Rektor I UIN SATU Tulungagung, Abd Aziz sebelum membuka cara ini, menyampaikan dalam sambutannya “…Peninjauan kurikulum tidak serta merta merobohkan semua bangunan kurikulum lalu diganti semua, tapi ini bentuk-bentuk penyesuaian. Maka perlu kita melihat KKNI. Juga peninjauan kurikulum ini tidak meninggalkan prinsip peninjauan, diantaranya, fleksibility, effisiensi dan Actuality…”

Menurutnya jika prinsip peninjauan maka keluhan mahasiswa yang merarasakan perkuliahan di S1, S2, dan S3 tidak merasakan mata kuliah yang sama isinya. Kembali pentingnya melihat KKNI, melihat level keilmuan yang disajikan di setiap Strata. Lebih lanjut Wakil Rektor I berharap review kurikulum pasca ini juga mengadaptasi gagasan RPL (Rekogisi Pembelajaran Lampau) yang sedang gencar di adopsi di berbagai kampus. “…Sudah pas dan saatnya, Pascasarjana memiliki standart konversi bagi para praktisi yang sedang studi di pasca sebagai bagian SKS pembelajaran…”