Lembang, 23 Oktober 2024 – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) tahun 2024 resmi dibuka hari ini di Hotel Novena, Lembang, Bandung. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2024 ini mengusung tema “Menuju Prodi Pendidikan Bahasa Arab Berakreditasi Unggul dan Berkelas Dunia melalui Inovasi dan Kolaborasi prodi dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.” Rakernas ini dihadiri oleh seluruh ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab dari berbagai wilayah di Indonesia.
Rakernas PPPBA kali ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas program studi Pendidikan Bahasa Arab agar mencapai akreditasi unggul dan standar internasional. Salah satu langkah yang dibahas adalah inovasi dalam kurikulum, metode pengajaran, serta penelitian yang relevan dengan kebutuhan global. Selain itu, kegiatan ini juga menyoroti pentingnya membangun kerjasama antar prodi dalam rangka berbagi pengalaman, sumber daya, dan strategi untuk pengembangan akademik.
Delegasi dari Magister PBA UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I, yang merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, turut hadir dalam Rakernas ini, ia menyampaikan bahwa pertemuan ini sangat penting untuk memperkuat sinergi antar prodi dalam rangka memajukan pendidikan bahasa Arab di Indonesia. “Kolaborasi ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas prodi secara individu, tetapi juga membawa kita menuju prodi berkelas dunia,” ungkapnya.
Selain diskusi dan seminar, Rakernas PPPBA juga diisi dengan penandatanganan berbagai perjanjian kerjasama antar program studi. Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN SATU Tulungagung, melalui Sokip, menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Nota Kesepahaman (IA) dengan PPPBA serta Universitas-universitas lainnya. Kerjasama ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi pengembangan penelitian dan inovasi pedagogis di kedua institusi.
Rakernas PPPBA 2024 menjadi momentum penting bagi pengembangan program studi Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Dengan fokus pada inovasi dan kolaborasi, kegiatan ini diharapkan mampu membawa program studi Pendidikan Bahasa Arab menuju akreditasi unggul dan standar internasional, sejalan dengan tuntutan perkembangan teknologi dan kebutuhan global dalam pembelajaran bahasa Arab di era digital.(MF)