Orientasi dan Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa Baru Magister PBA 2024

Pascasarjana-UIN SATU Tulungagung. Selasa 27 Agustus 2024. Mengawali perkuliahan di semester ini, Ganjil 2024/2025, Pascasarjana menggelar kuliah umum untuk seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa baru. Tahun ini pascasarsaja telah menetapkan sejumlah mahasiswa baru yang tersebar di 14 prodi, 2 prodi S-3 (Doktor) dan 12 prodi S-2 (Magister). Acara stadium general ini dimulai engan seremony pembukaan yang disambut langsung oleh direktur pascasarjana UIN SATU Tulungagung, Prof. Akhyak. “…Selamat datang mahasiswa baru dan bergabung menjadi bagian keluarga besar pascasarjana UIN SATU Tulungagung..”. ucap direktur dalam sambutan pembukanya. selebihnya Prof. Akhyak memberikan pesan-pesan khusus kepada mahasiswa pascasarjana yang merupakan citra akademik kampus UIN SATU Tulungagung. Salah satunya memperkuat dasar dan memiliki metodologi yang matang sebagai khas mahasiswa pasca. “…Menyambung kepentingan ini, maka diawal perkuliahan mahasiswa harus memiliki fondasi metodologi yang mapan..” sambut direktur.

Setelah sesi ceremonipembukaan selesai. forum langsung diteruskan engan kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Mujamil. Beliau mengkhususkan dalam kuliah umum ini mendasari mahasiswa pasca tentan seluk beluk penelitian. Menurutnya, khas dari mahasiswa pasca adalah kualitas hasil penelitiannya “…Kegelisahan intelektual itu tertuang dalam banyaknya penelitian-penelitian, termasuk tugas akhir, baik tesis maupun disertasi…”. Menuju peneyelesaian studi dengan tugas akhir tersebut, menurutnya metodologi harus dipegang betul dan faham, agar esok saat materi perkuliah sudah didapatkan dan saat mendialogkan dengan fakta lapangan/fakta sosial. Mahasiswa tidak balik lagi masih memikirkan cara meneliti.

Tepat pukul 11.00 WIS stadium general selsai dan akhiri. kemudian seluruh peserta meninggalkan ruangan. Khusus untuk mahasiswa baru menuju kelas masing-masing untuk perkenalan prodi dan pengenalan budaya akademik Prodi-prodi yang ada di Pascasarjana.

Kaprodi menjelaskan visi, misi, dan profil lulusan kepada mahasiswa baru angkatan 2024 Prodi Magister PBA

Dalam orientasi dan pengenalan budaya akademik tersebut, Prodi Magister PBA dipimpin langsung oleh Kaprodi yaitu Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I. Dalam penjelasannya bahwa diharapkan kepada seluruh mahasiswa mulai saat ini niat untuk dapt lulus tepat waktu di semester 4. Kemudian Kaprodi menyampaikan visi, misi, dan profil lulusan kepada mahasiswa baru yang sejumlah 23 tersebut.