Azana Style Hotel-Rabu 3 Juli 2024. Sebanyak 60 Pengelola Pascasarjana dan Unit terkait di dalam Kampus UIN SATU Tulungagung mengikuti “Workshop Peninjauan Kurikulum Pascasarjana 2024”. Acara pembukaan di laksanakan pukul 14.00 WIB di Hall Azana Style Hotel lantai 2.
Dalam sambutan laporan kegiatan Direktur pascasarjana, Prof. Akhyak menyampaikan “…Gagasan peninjauan Kurikulum ini sudah menjadi usaha pasca untuk mewujudkan prodi-prodi pascasarjana yang unggul. iya dalam akreditasi, iya dalam kompetensi, maka memang butuh kita review Kembali kurikulum yang ada di pascasarjana…”.
UIN SATU Tulungagung, Abd. Aziz sebelum membuka cara ini, menyampaikan dalam sambutannya “…Peninjauan kurikulum tidak serta merta merobohkan semua bangunan kurikulum lalu diganti semua, tapi ini bentuk-bentuk penyesuaian. Maka perlu kita melihat KKNI. Juga peninjauan kurikulum ini tidak meninggalkan prinsip peninjauan, diantaranya, fleksibility, effisiensi dan Actuality…”
Menurutnya jika prinsip peninjauan maka keluhan mahasiswa yang merarasakan perkuliahan di S1, S2, dan S3 tidak merasakan mata kuliah yang sama isinya. Kembali pentingnya melihat KKNI, melihat level keilmuan yang disajikan di setiap Strata. Lebih lanjut Rektor berharap review kurikulum pasca ini juga mengadaptasi gagasan RPL (Rekogisi Pembelajaran Lampau) yang sedang gencar di adopsi di berbagai kampus. “…Sudah pas dan saatnya, Pascasarjana memiliki standart konversi bagi para praktisi yang sedang studi di pasca sebagai bagian SKS pembelajaran.
Dalam pelaksanaan Peninjauan tersebut, dihadiri oleh semua dosen homebase Prodi Magister PBA. Dari hasil diskusi dan analisa yang matang, maka terdapat penambahan dan penghapusan beberapa mata kuliah. Selain penghapusan dan penambahan, juga terdapat perubahan nama matakuliah yang disesuaikan dengan CPL.
Daftar perubahan mata kuliah pada review kurikulum sebagai berikut;
Bentuk Perubahan | Kurikulum 2021 | Kurikulum 2024 |
Penambahan Mata Kuliah | – | Filsafat Ilmu dan Integrasi keilmuan |
– | Academic Writing | |
– | Psikolinguistik | |
– | Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab | |
– | Pengembangan Evaluasi Pendidikan
Bahasa Arab |
|
– | Semantik dan Leksikologi Bahasa Arab | |
– | Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Project | |
Penghapusan Mata Kuliah | Psikologi Belajar Bahasa Arab | – |
Tarikh Adab Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah | – | |
Nushush Adabul Lughoh Al-‘Arabiyyah | – | |
Pergantian Nama Mata Kuliah | Metode Pembelajaran Bahasa Arab | Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kontemporer |
Desain Pembelajaran Bahasa Arab | Desain dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab | |
Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab | Platform Pembelajaran Bahasa Arab Modern | |
Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab | |
Penambahan PL | – | Penerjemah |
Penambahan Bobot SKS mata kuliah Tesis | 6 SKS | 8 SKS |
Penambahan SKS | 42 SKS | 56 SKS |